Blogspot vs WordPress, Mana Pilihan yang Terbaik?

Blogspot vs WordPress, Mana yang Terbaik – Bagi blogger pemula, memilih platform blog gratisan sepertinya bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Selain bisa digunakan sebagai sarana berlatih untuk menulis, juga bisa menjadi wadah yang paling tepat untuk mengenali karakter dari masing-masing plaform tersebut. Sehingga kelak, bila akan pindah ke versi berbayar sudah lebih tahu mana yang paling mudah dan nyaman untuk dioperasikan.

Banyak sekali platform blog gratisan yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah Blogspot dan WordPress. Lantas dari keduanya, manakah yang terbaik? Bagi Anda yang penasaran, berikut ini kelebihan serta kekurangan dari keduanya.

Tampilan

Bila dilihat dari tampilan, Blogspot terlihat jauh lebih sederhana bila dibandingkan dengan WordPress. Selain itu tampilan default blogspot juga lebih terbatas, namun Anda masih bisa mengubahnya dengan menggunakan tools yang ada. Jika ingin menggunakan tampilan yang terbaik, Anda masih bisa memilih layanan penyedia template blogspot premium.

Sementara jika Anda menggunakan WordPress, maka tampilan blog Anda akan terlihat lebih profesional. Ini karena platform yang satu ini juga menawarkan ribuan desain template yang menarik.

Kontrol

Blogspot vs WordPress, mana yang terbaik sepertinya bisa Anda temukan jawabannya pada penjelasan ini. Di mana pada blogspot, Anda tidak memiliki kontrol penuh terhadap blog karena jumlah tool yang disediakannya memang terbatas. Salah satu contohnya adalah, Anda tidak bisa menbuat struktur permalink sesuai dengan keinginan dan hanya bisa mengikuti permalink defauly yang tersedia.

Perbedaan ini terlihat jelas bila Anda menggunakan WordPress yang memang software open source. Anda bisa menambahkan berbagai fitur baru dengan mudah, tanpa memerlukan keahlian khusu untuk mengoperasikannya.

Keamanan

Meskipun menggunakan platform gratisan, Anda tentu masih mempertimbangkan betul perihal keamanannya. Dan ini yang membuat Anda akan berpikir lebih mengenai Blogspot. Karena platform ini memang milik Google, maka selama blog Anda tidak menyalahi aturan maka blog akan aman dan Anda tidak akan direpotkan dengan pengelolaan sumber daya servernya.

Lantas bagaimana dengan WordPress? Platform ini ternyata memiliki tingkat keamanan yang baik karena memang secara berkala script-nya selalu diperbaharui. Dengan kemudahan yang diberikan, maka Anda bisa mengontrol serta melakukan backup tanpa memerlukan pihak WordPress dan ini karena sudah disediakannya plugin.

Berikutnya alasan Blogspot vs WordPress, mana yang terbaik juga bisa dilihat dari kapasitas yang ditawarkan. Seperti Blogspot, untuk penyimpanan maka Anda bisa menggunakan akun Goggle yang Anda miliki, asal tidak melebihi 15GB.

Lain halnya dengan WordPress yang memang mengharuskan Anda untuk membeli layanan hosting untuk menyimpan data. Namun Anda tidak perlu khawatir karena saat ini, banyak jasa penyedia layanan hosting yang menawarkan harga dengan sangat terjangkau. Dengan menggunakan layanan hosting, akan memudahkan Anda untuk mengelola data yang Anda simpan.

Untuk WordPress sendiri, Anda bisa memilih antara WordPress.com atau WordPress.org. Dari keduanya juga ada perbedaan, salah satunya adalah kemungkinan Anda untuk mendapatkan penghasilan bila menggunakan WordPress.org.

Sedangkan untuk yang versi gratis yaitu wordpress.com contohnya akan menjadi judahsianipar.wordpress.com. Dan tetap

Namun, bila Anda menggunakan WordPress.org maka harus melakukan update sendiri, lain halnya dengan WordPress.com yang akan ditangani langsung oleh pemilik WordPress.

Namun, ini juga bukan masalah besar karena untuk melakukannya, Anda hanya perlu membuka dashbord pada admin WordPress dan meng-klik update.

Dari penjelasan singkat di atas, Anda sudah bisa mengetahui di antara Blogspot vs WordPress, mana yang terbaik, bukan? Selebihnya, keputusan tetap ditangan Anda karena bagaimana pun juga, Andalah yang akan mengoperasikan platform tersebut.

Related Posts