Ketahui! Ini 6 Tips Jaga Kebersihan Apartemen Dengan Tepat

Apartemen kini menjadi salah satu hunian pilihan selain rumah. Penataan ruang yang cukup simpel membuatnya banyak disukai. Namun beda halnya dengan perawatannya. Menjaga kebersihan apartemen tidaklah mudah.

Unit apartemen berbeda dari rumah. Lahan terbatas dan menyatu dalam satu bangunan membuat kita harus pintar jaga kebersihannya. Jika tidak, apartemen akan berantakan dan tampak tak terawat.

baca juga: home cleaning batam

Maka dari itu, jika Anda tinggal di apartemen maka rajinlah bersih-bersih. Atau paling tidak, mulailah jaga kebersihannya dengan tips berikut ini:

  • Langsung Bersihkan Kotoran

Jika ada yang kotor, langsung bersihkan. Entah itu dari sisa makanan, tumpahan minuman atau lainnya. Jangan ditunda-tunda, apalagi sampai kotorannya kering. Usahakan segera membersihkannya dengan cepat.

Terutama jika Anda memiliki hewan peliharaan di apartemen. Pastikan ia tidak buang kotoran dan makan sembarangan. Sebab itu pasti akan meninggalkan bau dan bekas. Membuat acara bersih-bersih Anda jadi dua kali lipat.

  • Teratur Bersihkan Seluruh Ruangan

Seluruh ruangan apartemen harus dijaga kebersihannya. Mulai dari kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu hingga dapur. Untuk itu, teraturlah bersihkan tiap-tiap ruangannya. Bila perlu, buat jadwal untuk pembersihan rutin.

Mulailah dari membersihkan kamar mandi lebih dulu. Setelah itu lanjut ke kamar tidur lalu ruang tamu. Dan yang terakhir, bagian dapur serta ruangan lainnya.

Sementara untuk jadwal, buatlah dalam agenda mingguan dan bulanan. Misalnya jadwalkan satu kali seminggu untuk bersih-bersih. Kemudian satu kali sebulan untuk beres-beres apartemen keseluruhan.

  • Biasakan Cuci Alat Makan Sesudah Digunakan

Salah satu yang paling sulit dijaga kebersihannya adalah dapur. Ini bisa dibilang cukup membuat Anda stres. Bukan hanya karena cucian piring yang menumpuk, tapi juga dapur yang kotor.

Sebaiknya mulailah biasakan cuci alat makan sesudah digunakan. Dengan begitu, tugas di dapur tidak akan terlalu menumpuk. Anda pun jadi tak perlu berurusan lagi dengan piring kotor.

Usahakan agar tidak ada tumpukan piring kotor. Apalagi sampai membiarkannya semalaman. Jika ini mampu dilakukan, kebersihan dapur apartemen Anda pasti bisa terjaga.

  • Jangan Timbun Baju Kotor Terlalu Lama

Satu lagi masalah kebersihan lainnya adalah timbunan baju kotor. Terlalu lama membiarkan baju tidak dicuci membuatnya menjadi sarang kuman. Terlebih lagi jika dibiarkan berserakan begitu saja.

Maka dari itu, untuk menjaga kebersihan apartemen rajinlah mencuci baju. Atau setidaknya gunakan keranjang tempat baju kotor. Ini akan membantu membuat apartemen tampak lebih bersih dan rapi.

baca juga: kantor cleaning service batam

  • Pastikan Sirkulasi Udara Baik

Sirkulasi udara sangat penting di semua hunian termasuk apartemen. Gunanya adalah sebagai jalan agar udara di dalam dapat berganti. Lalu apa hubungannya dengan menjaga kebersihan?

Sirkulasi udara yang baik akan membuat ruangan menjadi tidak lembap. Hal itu bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan jamur. Sehingga kuman dan bakteri juga tidak akan bersarang di sana.

Selain itu, udara di apartemen bisa menjadi lebih terjaga. Udara kotor di dalam akan berganti dengan udara segar yang masuk. Membuat apartemen senantiasa bersih dan nyaman ditempati.

  • Gunakan Jasa Cleaning Service

Jalan terakhir jika Anda memang tidak bisa jaga kebersihan apartemen sendiri, gunakan saja jasa cleaning service. Lagipula tidak susah melakukannya. Bahkan sangat memudahkan dan hemat waktu serta tenaga.

Namun satu hal yang harus diingat, sewalah jasa yang tepercaya. Pastikan dulu bagaimana kualitas kinerjanya. Serta ragam layanan yang ditawarkan.

Maka dengan begitu, Anda bisa yakin kebersihan di apartemen terjamin. Lebih menyenangkannya lagi, pembersihan bisa dilakukan dengan cepat.

Nah, itulah beberapa tips untuk jaga kebersihan apartemen Anda. Memastikan setiap ruangan bersih harus Anda lakukan. Karena memiliki hunian yang bersih adalah awal untuk Anda hidup sehat.

Related Posts