Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam Untuk Keindahan Eksterior

sabut kelapa sebagai media tanam

Sabut kelapa sebagai media tanam, media tanaman berikut ini ialah berbahan pokok dari buah kelapa itu sendiri. Yang teman-teman tahu bahwasan nya buah kelapa ini berasalkan dari pohon kelapa. Dengan banyak nya pohon kelapa yang berada di Indonesia sangatlah mudah untuk di cari.

Lalu sabut kelapa ini yang sangatlah cocok untuk media tanam, media tanam juga sudah menjadi kan atau juga bisa menjadikan pundi-pundi uang receh bagi para pecinta, penghobi bahkan sampai pembudidaya nya itu sendiri salah satu nya tanaman anggrek ini.

Dengan beberapa teknik pun bisa menghasilkan tanaman anggrek yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi pula. Jual cocomesh yang membantu pembuatan wadah. Dengan mesin pengolahan sabut kelapa ini bisa di jadikan mesin kekinian yang membantu pekerjaan.

Dengan lebih tepat nya juga sabut kelapa yang saat ini bisa di jadikan media tanam anggrek yang bisa menghasilkan keuntungan yang sangatlah tinggi tentu nya ya. Di artikel ini akan menjelaskan langsung mengenai sabut kelapa yang cocok sebagai media tanam.

Bahan Sabut Ini Bisa Sebagai Media Tanam

Dengan beberapa langkah di artikel ini akan di jelaskan dengan urutan angka :

  1. Yang kesatu menyiapkan sabut kelapa yang sudah di sesuaikan

Agar bisa mendapatkan media tanam yang sangat baik nanti nya dan juga sangat cocok pada tanaman anggrek. Disini teman-teman akan memiliki sabut kelapa yang tua.

Sesudah teman-teman mendapatkan bahan nya, teman-teman juga bisa melanjutkan proses ke tahap selanjut nya yakni perendaman ke dalam larutan fungisida terlebih dahulu.

Dengan tujuan perendaman ini supaya media tanam tidak terjangkit jamur dengan mudah nya. Jika sabut kelapa tersebut ukuran terlalu besar, teman-teman bisa memootong sabut itu dengan kesesuain dengan kebutuhan tanaman anggrek.

2. Proses perendaman untuk media tanaman

Yang proses kedua ini merupakan proses perendaman. Disini dalam proses perendaman memiliki 2 (dua) tahap yang pertama menggunakan air bersih. Air bersih ini proses yang pertama dan proses selanjut nya yaitu proses yang kedua menggunakan cairan fungisida.

Pada tahap pertama, membutuhkan waktu selama 6 jam. Sebelum teman-teman melakukan perendaman, lalu bersihkan sabut kelapa tersebut terlebih dahulu. Setelah proses perendaman dengan air bersih dengan waktu yang sudah di sesuaikan.

3. Proses pengeringan sabut kelapa

Untuk proses yang ketiga ini sangat penting, karena sabut kelapa tidak di jadikan media tanam langsung jika hasil nya masih basah ya. Maka dari itu lah proses pengeringan pun di butuhkan.

Disini terdapat dua (2) tahapan dalam proses pengeringan, jika proses tidak perlu lama, jika sabut kelapa itu sendiri sudah terlihat cukup kering dan masih cukup lembap maka untuk proses pengeringan bisa di lanjutkan dengan proses penanaman anggrek.

4. Penanaman tanaman anggrek

Jika media tanaman sudah teman-teman yang telah di siapkan, maka lilitkan bibit bunga anggrek tersebut sudah di siapkan di sabut kelapa itu.

Dengan menggunakan media tanam sabut kelapa ini di masukkan ke dalam pot tersebut. Disini terdapat hal lain yang harus di perhatikan yakni meletakkan pot kepada area yang tidak langsung terkena oleh cahaya matahari.

5. Perawatan anggrek

Dalam tahap kelima (5) tahap terakhir yaitu perawatan ini tidaklah sulit untuk teman-teman aplikasikan hanya cukup melakukan penyiraman pada media tanam dari pagi hingga sore hari.

Dengan menggunakan embrat atau alat yang lain yang juga bisa digunakan untuk penyiraman nanti nya. Bukan hanya ini saja, disini teman-teman harus memastikan sabut kelapa yang terlalu basah dan juga sudah teralalu lapuk kondisi nya. Hal ini agar bisa menjga medai tanam anggrek bisa berjalan lancar.

Beginilah penjelasan dari artikel sabut kelapa sebagai media tanam. Dengan beberapa penjelasan diatas poin penting nya ialah dengan beberapa tahapan yang berurut nanti nya akan menjadikan sabut kelapa ini berjalan dengan baik. Selamat mencoba

Related Posts