Apa Saja Tipe Alat Bantu Berjalan Yang Dapat Digunakan ?

Sebagai seorang orang tua, melihat anak – anak mereka mulai berjalan untuk pertama kalinya merupakan momen yang sangat membanggakan. Namun, sebagai seorang anak yang telah dewasa, melihat orang tua kita mulai kehilangan kemampuan mereka untuk dapat berjalan merupakan hal yang sangat mengkhawatirkan. Mereka yang mengalami keadaan ini biasanya akan kebingungan harus melakukan apa dan harus kemana untuk mendapatkan informasi pemecahan masalahnya.

Untuk mengatasi hal ini, menggunakan alat bantu berjalan merupakan salah satu pilihan tepat yang dapat anda pilih. Produk home care yang satu ini sering digunakan oleh orang – orang yang memiliki kebutuhan khusus, baru saja selesai operasi dan membutuhkan pemulihan bertahap, atau orang tua lanjut usia yang mulai kesulitan untuk dapat berjalan sendiri. Mereka memilih untuk menggunakan alat bantu berjalan agar dapat lebih mandiri, mengurangi rasa sakit, dan dapat juga untuk meningkatkan rasa percaya diri. 

Tipe – Tipe Alat Bantu Berjalan

alat bantu jalan

Pada dasarnya, dalam memilih tipe alat bantu berjalan yang cocok digunakan biasanya bergantung pada kebutuhan penggunanya. Apakah pengguna membutuhkan alat bantu berjalan untuk masalah kesulitan berjalan atau karena kecelakaan. Beberapa tipe alat bantu berjalan yang biasanya digunakan, diantaranya :

  1. Tongkat

Tipe alat bantu berjalan yang pertama adalah tongkat. Tongkat sangat berguna bagi orang – orang yang mungkin memiliki resiko jatuh yang tinggi.Tongkat ini mirip dengan kruk, karena penggunaannya dapat menopang berat badan dan membantu untuk mengirimkan beban tubuh dari kaki ke tubuh bagian atas.

Namun, tongkat membantu mengurangi lebih sedikit beban bagian bawah kaki daripada kruk. Selain itu, tongkat juga memberikan tekanan yang lebih baik di bagian tangan dan pergelangan tangan. Tongkat bantu ini sangat berguna untuk mereka yang memiliki masalah keseimbangan dan yang memiliki resiko mudah jatuh yang tinggi. Di Amerika sendiri, diperkirakan terdapat satu dari sepuluh orang dewasa yang berusia diatas 65 tahun menggunakan tongkat.

  1. Kruk

Tipe alat bantu berjalan selanjutnya adalah kruk. Kruk ini dapat membantu memindahkan beban dari kaki ke tubuh bagian atas. Alat ini dapat digunakan secara sendiri – sendiri maupun berpasangan. Kruk membantu seseorang untuk dapat tetap berdiri tegak dan dapat juga digunakan oleh mereka yang mengalami cedera jangka pendek maupun cacat permanen. Terdapat banyak jenis kruk, diantaranya :

  • Kruk ketiak → Penggunaannya dengan menempatkan kruk pada tulang rusuk di bawah ketiak, dan penggunanya memegang pegangan tangan (biasanya digunakan oleh mereka yang memiliki cedera jangka pendek)
  • Kruk lengan bawah → Penggunaannya dengan menempatkan lengan ke dalam manset logam atau plastik dan pengguna memegang pegangan tangan (biasanya digunakan oleh mereka yang memiliki disabilitas jangka panjang)
  1. Walkers

Walkers merupakan alat bantu berjalan yang terbuat dari kerangka logam dengan empat kaki yang dapat memberikan stabilitas dan dukungan untuk para penggunanya. Walkers dasar biasanya akan memiliki bingkai 3 sisi yang akan mengelilingi penggunanya. Untuk dapat berjalan atau berpindah tempat, pengguna harus mengangkat walkers dan meletakkannya lebih jauh di depan mereka, kemudian baru melangkah maju. Dengan perkembangan teknologi, beberapa walkers saat ini memiliki roda atau luncuran di pangkal kakinya, sehingga untuk dapat berjalan pengguna tidak perlu lagi mengangkatnya. Hal ini tentunya sangat memudahkan para pengguna.

Related Posts