Keuntungan Menggunakan Paving Block Texture Sebagai Penutup Tanah Halaman Rumah Anda

Anda tentunya telah sering melihat paving – paving yang ada di jalan raya atau jalan – jalan atau jalan – jalan di sekitar rumah anda. Namun, apakah anda tahu apa itu sebenarnya paving ? Paving block atau yang biasa disebut dengan paving merupakan salah satu material bahan bangunan yang digunakan untuk menutup permukaan tanah. Ketika berbicara mengenai material bahan bangunan penutup tanah, hal pertama yang terlintas di kepala anda pastinya aspal atau cor. Namun, tahukah anda, kedua material bahan bangunan tersebut bukanlah pilihan yang tepat untuk menutup permukaan tanah. Hal ini karena kedua material tersebut tidak dapat menyerap air dengan baik. Karena tidak dapat menyerap air dengan baik, tidak heran jika daerah – daerah yang permukaan tanahnya tertutup dengan aspal mudah banjir atau rob.

Apa Itu Paving Block Texture ?

paving block texture

Paving block sendiri terbagi menjadi beberapa model lagi, salah satunya adalah paving block texture. Paving block texture merupakan salah satu model paving block yang memiliki tekstur yang beraneka ragam sesuai dengan bahan dasar pembentuknya. Contohnya saja paving block yang bahan dasarnya terbuat dari kerikil kecil – kecil, kerikil tersebut memberikan tekstur yang tidak rata dan acak. Tekstur yang ada pada paving ini memiliki keunggulan yang berbeda – beda. Biasanya orang akan memilih jenis paving block tekstur dengan pertimbangan dimana paving tersebut akan dipasang. Paving block texture memiliki beraneka ragam bentuk, mulai dari hexagon, segi delapan, mirror, cosmic, trihex, brick, dan lain sebagainya. Dalam melakukan pemasangan paving block texture anda dapat mengaturnya sesuai dengan pola yang anda inginkan seperti pola zig – zag, mendatar, vertikal, atau saling mengunci mengikuti model paving.

Keuntungan Menggunakan Paving Block Texture

1. Memperindah atau mempercantik halaman rumah anda

Karena memiliki tekstur dan pilihan warna yang beragam, penggunaan paving block texture dapat memperindah atau mempercantik halaman rumah anda. Permukaan tanah yang ada di halam rumah apabila dibiarkan begitu saja tanpa penutup tentunya akan membosankan untuk dilihat. Maka dari itu, penggunaan paving block dengan berbagai macam pilihan warna dan model tentunya akan membantu memberikan nuansa yang berbeda sesuai dengan selera anda. Contohnya saja anda ingin halaman rumah anda memiliki suasana yang menyegarkan atau cerah, anda dapat memilih paving block texture dengan warna – warna cerah yang segar dipandang mata.

2. Dapat disesuaikan dengan tempat pemasangan

Pemasangan paving block tidak hanya dapat dilakukan di jalan – jalan atau pun di halaman rumah saja. Paving block texture ini dapat dipasang dimana saja dengan syarat tanah dasarnya sudah dikuatkan dan dalam keadaan yang rata. Contohnya saja pemasangan paving block texture di taman kota, maka anda perlu menggunakan model paving block texture yang dapat selaras dengan tanaman2 yang ada di taman tersebut. Bayangkan saja jika anda memasang paving block dengan bentuk balok biasa dan warna yang standar, maka taman tersebut tentunya akan terlihat kurang enak dipandang mata. Pemilihan tekstur juga sangat berpengaruh pada nuansa yang akan diberikan.

3. Lebih ramah lingkungan

Seperti penjelasan di atas sebelumnya, penggunaan paving block texture jauh lebih ramah lingkungan daripada penggunaan aspal dan cor. Hal ini karena air tetap dapat masuk ke dalam permukaan tanah walaupun paving block texture telah dipasang dengan rapat dan rapi. Dengan begitu, ketersediaan air tanah dapat terjaga dengan baik.

Related Posts