Perbedaan Marketing Executive dengan Sales

Perbedaan Marketing Executive dengan Sales yang Harus Anda Kenali! – Marketing executive tentu sudah tidak asing lagi istilahnya di dunia perbisnisan. Seorang tenaga kerja yang bekerja sebagai pelaku proses pemasaran produk atau jasa sebuah perusahaan atau instuisi tertentu.

Tugas sekaligus tanggung jawab utamanya dari seorang executive marketer ini adalah mencapai target penjualan produk atau jasa yang sudah berdasarkan tujuan dari perusahaan tersebut melalui strategi pemasaran yang sudah direncanakan.

Sementara marketing executive cenderung disamakan dengan sales. Padahal keduanya terdapat perbedaan mendasar yang konkrit. Seorang sales bertugas langsung sebagai penjual produk atau jasa dan memastikan laku tidaknya di masyarakat sekaligus menawarkan produk atau jasa perusahaan secara langsung kepada konsumen. Sedangkan marketing executive sendiri hanya bekerja di belakang layar tidak melakukan penjualan secara langsung.

Perbedaan marketing executive dengan sales lebih rincinya bisa Anda temukan pada uraian kami berikut ini:

Ruang Lingkup Jobdesk

Jobdesk marketing executive biasanya bersifat long-term atau marketer mempunyai perencanaan jangka panjang mulai dari riset market (pasar) sampai kepuasan pelanggan. Tugas urgensinya ialah memastikan produk direspon baik oleh masyarakat dengan kepuasan yang tetap terjaga.

Sedangkan sales, jobdesk-nya cenderung bersifat short-term atau sementara. Artinya tugas sales selesai ketika produk sudah terjual sebanyak yang sudah ditargetkan perusahaan.

Dalam kegiatan penjualan, sales sambil meyakinkan konsumen supaya minat untuk membeli produk yang ditawarkan. Berbagai strategi digunakan supaya target dan tujuan pemasaran tersebut terpenuhi.

Fungsi dan Prioritas

Tentunya marketing executive dengan sales itu memiliki peran dan prioritas kerja yang berbeda. Membangun relasi yang baik dan menjangkau pelanggan merupakan prioritas kerja dari seorang marketer. Berdasarkan tujuan target pasar tadi bisa menjadi pelanggan setia perusahaan.

Sementara sales lebih dari itu, sales berperan dalam memahami segala kebutuhan dan keinginan pelanggan sekaligus mengakomodasikan keduanya sampai di lapangan.

Bisa disimpulkan, perbedaan marketing executive dan sales dalam aspek prioritas kerjanya ialah seorang marketer memiliki prioritas meningkatkan tingkat penjualan produk.

Sedangkan sales mempunyai prioritas menguntungkan perusahaan dari segi memahami kebutuhan konsumen sekaligus menyediakannya lewat produk perusahaan yang ditawarkan.

Perbedaan prioritas peran serta sinergi dari keduanya inilah yang dapat meraup laba yang lumayan besar.

Tujuan dan Aktivitas kerja

Seorang marketer mempunyai tujuan yang memicu tercetaknya laba dari hasil penjualan yang dilakukan sales produk perusahaan. Strategi sedemikian rupa dirancang dan diaplikasikan untuk memenuhi target penjualan.

Di antaranya memastikan produk dan jasa yang mau ditawarkan itu menarik minat calon konsumen sekaligus turut memperhatikan kualitas produk atau jasa yang dibutuhkan masyarakat.

Kemudian, produk atau jasa dari perusahaan tersebut diakomodasikan dengan desain packing atau pelayanan jasa yang menarik pelanggan sebelum dijual di lapangan.

Marketing executive bekerja di belakang layar, memastikan produk atau jasa yang mau ditawarkan menarik, oke dan siap untuk dijual.

Berbeda dengan sales, aktivitas kerja mereka itu terjun langsung ke lapangan untuk memasarkan produk atau jasa tersebut, bertemu secara langsung dengan konsumen.

Tujuannya meyakinkan calon konsumen terhadap kualitas produk atau jasa yang perusahaan tawarkan sampai calon konsumen mau membeli produk yang sudah di-packing rapi atau jasa berkualitas yang sudah disiapkan oleh marketer tadi. Istilahnya sales bekerja di depan layar atau face to face.

Nah, inilah beberapa perbedaan marketing executive dangan sales yang keduanya memiliki peran penting dalam menguntungkan perusahaan. Apabila saling bersinergi sudah menjadi barang tentu perusahaan semakin maju. Hanya saja posisi marketing executive lebih diminati kalangan produktif daripada sales.

Related Posts