Cara Cek Xiaomi Asli Atau Palsu Dengan Imei

Cara Cek Xiaomi Asli Atau Palsu Dengan Imei

Cara Cek Xiaomi Asli Atau Palsu Dengan Imei – Pernah ingin tahu nomor IMEI dari smartphone Xiaomi Anda? Sebuah nomor IMEI dapat berguna dalam berbagai situasi: misalnya seperti mengkonfirmasi keaslian perangkat Anda untuk mencegah pencurian. Di posting ini, kami menjelaskan bagaimana Anda dapat dengan cepat menemukan nomor IMEI ponsel Xiaomi Anda.

Apa Yang Dimaksud Dengan Nomor IMEI?

IMEI kependekan dari International Mobile Equipment Identity dan tujuan utama adanya IMEI adalah untuk mengidentifikasi perangkat mobile.

Dengan adanya identifikasi pada tiap perangkat mobil hal ini bisa menentukan asli tidaknya suatu perangkat, bisa juga untuk melindungi ponsel dari pencurian.

Jika HP Anda telah dicuri dan operator Anda tahu nomor IMEI HP Anda, mereka dapat mem-blacklist nomor IMEI ini dan menguncinya agar tidak bisa terkoneksi dengan jaringan. Ini berarti bahwa pencuri HP Anda tidak akan bisa mendapatkan SIM card baru- karena nomor IMEI tersebut sudah diblok. Tidak bisa masuk ke semua jaringan operator seluler.

Sehingga tidak bisa digunakan buat telepon, sms dan hal-hal terkait telekomunikasi jaringan.

Bagaimana Menemukan Nomor IMEI HP Xiaomi Anda?

Sekarang mari kita lihat bagaimana sebenarnya menemukan nomor IMEI HP Xiaomi Anda. Ada beberapa cara cepat untuk melakukan hal ini.

1. Cari Nomor IMEI Untuk Ponsel Xiaomi Melalui

Cari label Barcode di bagian bawah kotak smartphone Xiaomi Anda. Biasanya, barcode tersebut ada bersama dengan nomor IMEI, Anda akan melihat MEID (mobile equipment identifier) dan nomor seri perangkat smartphone.

Nomor IMEI pada perangkat smartphone

Jika Anda tidak menemukan info ini pada kotak kemasan, periksa pengguna manual dan bahan lainnya di dalam kotak. Terkadang nomor IMEI HP mungkin berada di HP itu sendiri: jika ponsel Anda dilengkapi dengan baterai yang dapat dilepas, Anda dapat sering menemukan label nomor IMEI di bawah baterai. Cukup geser HP ke belakang dan keluarkan baterai untuk menunjukkan nomornya.

2. Cari Nomor IMEI Melalui Menu Setting

Cara lain untuk menemukan nomor IMEI smartphone Xiaomi Anda adalah melalui menu pengaturan. Pergi ke setting > about phone > status > IMEI Information.

Dengan ponsel Xiaomi, Anda akan sering melihat dua nomor IMEI di sini — karena sebagian besar perangkat dilengkapi dengan dua slot kartu SIM.

3. Cari Nomor IMEI Melalui Dial Pad

Sebagian besar ponsel Xiaomi akan membiarkan Anda mengetahui nomor IMEI melalui dial pad. Cukup tekan pada Keypad  *#06#  dan Anda akan melihat nomor IMEI HP Xiaomi ditampilkan di layar.

Sebetulnya kode dial pad di atas juga bisa digunakan untuk mengecek IMEI ponsel lainnya, baik iPhone ataupun Android. Kode dial pad ini adalah kode universal untuk cek IMEI.

Memastikan Xiaomi Asli Atau Palsu Dengan IMEI

Dan juga, yang cukup penting, setiap membeli Xiaomi sebelumnya harus cek dulu keasliannya lewat IMEI. Kalau Anda cek IMEI, kemudian cek IMEI Xiaomi tersebut di website cek IMEI milik kemenperin, dan ternyata tidak terdaftar. Maka balikin saja HP itu ke penjualnya. Karena HP itu tidak ori ataupun ilegal.

Kunjungi alamat website Kemenperin ini https://imei.kemenperin.go.id/

Kemudian input nomor IMEI Xiaomi Anda di kolom yang tersedia dan klik icon search. Nanti akan muncul apakah IMEI terdaftar atau tidak di database kementrian informasi.

Kami berharap posting ini telah membantu. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang smartphone Xiaomi Anda, jangan ragu untuk menghubungi Customer Service atau Contact Center Xiaomi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *