Cara Mengisi Daya Jam Tangan Tenaga Surya yang Efektif

Saat ini, alih-alih membeli jam tangan biasa, banyak orang lebih suka membeli jam tangan tenaga surya, seperti Jam Tangan Pria Casio G Shoc : G-6900, sehingga setiap kali mereka merasa baterai tidak berfungsi dengan baik, mereka hanya meletakkannya di bawah sinar matahari dan jam tersebut akan mengisi dayanya sendiri . Tidak hanya itu, tetapi baterai juga dapat diisi dengan meletakkannya di cahaya buatan. Namun, ini membutuhkan waktu lebih lama daripada mengisi daya di bawah sinar matahari secara langsung.

Cara mengisi daya jam tangan surya yang sefektif

  • Lihatlah penanda level pengisian daya pada jam tangan. Sebagian besar jam tangan tenaga surya memiliki bilah penunjuk yang memberikan tingkat pengisian daya. Jam tangan harus diisi daya ketika bilah penunjuk menunjukkan nol. Demikian juga, baterai lemah ditunjukkan ketika jarum detik bergerak dalam penambahan dua detik, waktu tidak dapat diatur, dan tombol mode tidak berfungsi.
  • Tempatkan jam di dekat sumber cahaya, idealnya siang hari. Tempat yang sempurna adalah di dekat jendela. Jika Anda berada di luar, langkat lengan baju Anda di atas pergelangan tangan untuk membuka jam di siang hari jika ada kesempatan. Paparkan jam Anda dari sinar matahari saat mengemudi dengan menjaga lengan Anda di tepi pintu dan sedikit mengangkat lengan baju.
  • Dibutuhkan sekitar 20 jam atau lebih paparan ketika matahari cuaca sedang cerah dan 60 jam di iklim dingin untuk mengisi baterai sepenuhnya.
  • Jika Anda tidak bisa menempatkan jam di bawah sinar matahari karena alasan apa pun, jaga jam di dekat cahaya buatan, dengan 20 inci dari sumber cahaya. Namun, ingatlah bahwa jam membutuhkan waktu lebih lama untuk diisi melalui cahaya buatan daripada sinar matahari. Ini mungkin membutuhkan 150 jam cahaya buatan untuk mengisi daya jam sepenuhnya.

Pengisian sementara

  • Letakkan jam di bawah sinar matahari selama tiga menit untuk memberi dayanya senilai 24 jam. Anda juga dapat mengekspos jam pada cahaya buatan selama 3,5 jam untuk memberikan jumlah daya yang sama.
  • Pastikan jam tangan tenagasurya terkena sinar matahari atau cahaya buatan setidaknya setiap hari sekali untuk mempertahankan pengisian sementara. Akhirnya, jam akan terisi penuh jika Anda terus mengisinya.
  • Pastikan jam tangan surya mencapai setidaknya 85 persen dayasebelum menghentikan paparan sinar matahari atau cahaya buatan.

Menyetel ulang waktu

  • Anda harus mengatur ulang waktu jika jam telah mencapai level “tanpa daya”.

Kesimpulan

Mengisi ulang baterai jam tangan surya adalah hal yang mudah. Berbeda dengan jam tangan yang dikendalikan kuarsa yang membutuhkan penggantian baterai setiap lima tahun, baterai dalam jam yang berorientasi sinar matahari secara hipotetis tidak pernah membutuhkan penggantian. Siang hari atau cahaya buatan diharapkan memberi energi baterai. Namun, pembeli jam tangan surya harus ingat, dalam hal apa pun, bahwa tidak ada baterai yang dapat mengisi daya selamanya.

Related Posts