Jenis Tanaman Hias Daun Ini Dapat Menyegarkan Ruangan Anda

Untuk menyegarkan ruangan di dalam rumah seperti toko bunga tangerang online, biasanya orang akan memilih menanam tanaman hias daun yang perawatannya cenderung lebih mudah dibandingkan dengan tanaman hias bunga. Ada bermacam-macam tanaman hias daun yang cocok diletakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, namun beberapa lainnya lebih cocok disinari matahari terus-menerus.

Jenis tanaman hias daun indoor biasa diletakkan di dalam ruangan karena tidak membutuhkan terlalu banyak sinar matahari dan media tanam yang selalu basah untuk hidup. Ingin tahu apa saja tanaman hias daun yang dapat Anda pilih untuk mempercantik rumah anda? Berikut merupakan tanaman hias indoor yang sering digunakan untuk menghias ruangan.

1. Tanaman Hias Sirih Gading

Tanaman sirih gading dapat dijadikan tanaman hias daun indoor yang akan menghijaukan  ruangan. Jika diletakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, sirih gading akan tumbuh dengan daunnya yang berbentuk hati berwarna hijau dengan sedikit sentuhan putih.

Daun hijau pada sirih gading sangat baik untuk membuat udara di dalam ruangan menjadi lebih segar. Pertumbuhan tanaman sirih gading juga cukup cepat, Anda perlu memotongnya jika sulur batangnya sudah tumbuh terlalu panjang.

2. Tanaman Hias Daun Aglaonema

Aglaonema menjadi salah satu tanaman hias daun indoor yang banyak digunakan di perkantoran. Aglonema jenis biasa yang berdaun hijau dan kuning ini memang memiliki daun yang cukup besar sehingga memberikan efek kesegaran yang baik untuk ruangan yang besar pula. Dikenal pula dengan nama Sri Rejeki, aglaonema juga tahan di ruangan yang selalu menggunakan pendingin udara.

3. Spathiphyllum / Peace Lily

Tumbuhan ini memang paling optimal diletakkan di tempat teduh dan tidak cocok terkena matahari langsung. Daunnya berwarna hijau memanjang dan biasanya cukup rimbun, serta tidak tumbuh terlalu tinggi, menjadikan peace lily salah satu pilihan tanaman hias indoor yang sangat cocok diletakkan dimanapun Anda sukai.

Peace Lily memiliki bunga berwarna putih yang juga dipercaya memiliki kemampuan menyerap racun di udara tempatnya hidup. Satu buah tanaman peace lily dewasa maksimal dapat membuat udara lebih bersih dengan luas ruangan hingga 10 m2.

4. Sansevieria

Tumbuhan ini dikenal pula dengan nama lidah mertua atau tanaman ular. Memiliki daun yang memanjang dan runcing pada bagian ujungnya, mirip mata pedang. Daunnya berwarna hijau dengan pinggiran berwarna kuning cerah.

Termasuk tanaman sukulen (menyimpan banyak cadangan air) dan cukup tahan pada kondisi kering di ruangan. Sangat disukai sebagai tanaman hias daun indoor karena daunnya yang cantik. Namun jangan sampai daunnya patah, karena dengan begitu Sanseviera terlihat kurang menarik dan pertumbuhan daun yang patah tersebut juga terhenti.

5. Monstera delicosa

Tumbuhan dengan daun yang bolong-bolong seperti dipotong ini juga merupakan salah satu tanaman hias daun yang cocok untuk indoor.

Tumbuhan yang bentuknya mirip talas ini memang dapat menghijaukan ruangan, namun hati-hati pula jangan sampai termakan oleh anak-anak dan hewan peliharaan, karena daun dan buahnya cukup beracun.

6. Lili Paris

Tanaman lili paris termasuk jenis tanaman semak yang tidak tumbuh terlalu tinggi, dengan daunnya yang tumbuh memanjang berwarna hijau dengan garis-garis putih. Dengan pot berukuran sedang, tanaman lili paris siap menghijaukan ruangan tempat Anda tinggal.

7. Karet Kebo / Rubber Plant

Karet Kebo mempunyai kepingan daun yang berukuran sedang hingga besar, berwarna hijau pekat. Dinamakan karet kebo karena memang getahnya mengandung lateks.

Karet kebo selain digunakan sebagai penghias ruangan ternyata juga dapat dimanfaatkan akarnya untuk mengobati berbagai penyakit, dengan kandungan flavonoid dan polifenol di dalamnya. Dua manfaat dapat langsung Anda dapatkan dengan menanam karet kebo sebagai tanaman hias daun indoor.

8. Philodendron

Jika dilihat sekilas, philodendron memiliki daun berbentuk hati yang sangat mirip dengan sirih gading/sirih belanda. Namun jika diperhatikan lebih seksama, daunnya rata-rata hijau polos tanpa ada sentuhan warna putih atau kuning seperti pada sirih gading. Philodendron baik ditanam di dalam ruangan karena dedaunannya yang hijau dapat berfungsi sebagai penyerap polutan yang kuat.

9. Dieffenbachia

Sering pula disebut dengan balenceng atau tanaman lipen. Memiliki bentuk daun yang mirip dengan aglaonema, hanya saja tidak terdapat bintik-bintik pada daunnya.

Daun lebar berwarna hijau di pinggiran daun serta kuning di bagian tengah daun. Cocok diletakkan di dekat jendela karena untuk menumbuhkannya dengan optimal tanaman ini memerlukan cahaya matahari tidak langsung.

10. Anthurium

Tanaman hias indoor terakhir yang dapat memperindah ruangan anda yaitu Anthurium. Tanaman berdaun indah ini masih berkerabat dengan sejumlah tanaman hias populer lainnya seperti aglaonema, philodendron, keladi hias, dan alokasia.

Anthurium juga dapat ditempatkan pada lokasi indoor karena tidak membutuhkan ruangan besar dalam penempatannya, Anda dapat meletakanya dalam pot di dekat jendela atau bisa juga di sudut ruang tamu.

Itulah tadi sepuluh macam tanaman hias dari toko bunga tangerang murah daun indoor untuk memperindah dan menyegarkan ruangan anda, semoga informasi ini bermanfaat. Yuk, jaga bumi kita agar tetap hijau, asri dan alami.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *