2 Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Android

Pasti anda pernah mengalami pada Android muncul notifikasi tidak cukup ruang pada perangkat atau memori. Masalah tersebut di sebabkan karena memang ruang penyimpanan yang tersedia di perangkat anda tidak memadai untuk menginstal aplikasi jadi muncullah notif tersebut. Namun sering kali juga hal itu di sebabkan oleh beberapa faktor lain seperti cache yang berlebihan, perangkat yang tidak support, aplikasi crash dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Android

Terkadang masalah ini terjadi pada semua perangkat Android baik merk lenovo, asus zenfone, LG, samsung galaxy, Sony Xperia, Oppo, Smartfren Andromax, Xiaomi Redmi dan vendor lainnya. Masalah error seperti ini sering kali pasti membuat kita jengkel, karena masalah tersebut biasanya akan timbul pada saat kita menginstal game yang memiliki size besar. Dan disini saya akan memberikan beberapa tips yang sudah terbukti dan berhasil untuk mengatasi masalah tersebut.

Penyebab:

  • Memang Android memiliki memori penyimpanan internal yang cukup besar akan tetapi aplikasi dan game Android juga rata-rata memiliki kapasitas yang juga besar.
  • Seperti yang sudah saya utarakan diatas selain karena ruang penyimpanan yang tidak cukup ada juga penyebab lain seperti halnya cache aplikasi. Banyak pengguna Android yang tidak tau bahwa di dalam Android kita yang terinstal banyak aplikasi, pada setiap aplikasi tersebut pasti ada sejumlah cache yang tidak tentu besarnya. Dan biasanya cache yang paling banyak pada aplikasi adalah aplikasi yang sering kita gunakan seperti game coc, browser opera mini / chrome, facbook, BBM dan aplikasi lainnya.

Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat di Android

Pindahkan Aplikasi Di Memori Telpon ke Karu MicroSD

Memang pada sebagian Android tidak memiliki fitur tersebut seperti ginggerbread, jellybean dan OS Android di bawahnya sehingga mereka memerlukan bantuan aplikasi lain untuk melakukannya, namun untuk Android versi kitkat sudah dapat menikmati fitur ini.

Kalian hanya tinggal masuk ke pengaturan > aplikasi dan silahkan kalian cari aplikasi yang ingin di pindahkan. Sebelum melakukan hal ini pastikan ruang memori eksternal anda cukup agar dapat menampung aplikasi yang di pindahkan.

Bersihkan Cache

Membersihkan cache pada aplikasi Android dapat di lakukan dengan dua cara, cara pertama yakni dengan cara otomatis menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti clean master dan sejenisnya.

Lalu cara yang kedua yakni dengan cara manual, nah disini kita akan memberikan langkah untuk cara yang manual. Masuk lagi ke pengaturan > aplikasi dan cari aplikasi yang ingin di hapus cachenya.

Saran dari saya sebaiknya kalian menggunakan aplikasi pembantu seperti cleanmaster agar bisa dengan mudah menghapus semua cache aplikasi secara menyeluruh dan hanya dengan sekali sentuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *