Cara Menggunakan Google Drive untuk menyimpan file

Google Drive adalah instalasi penyimpanan file yang dimulai oleh Google. Setiap orang dapat menggunakan Google Drive secara gratis. Secara umum, keberadaan Google Drive sangat mudah bagi kami dalam hal penyimpanan, akses, dan berbagi file.

Untuk pemula yang belum pernah menggunakan Google Drive, mereka pasti akan mengalami beberapa kendala karena mereka tidak terbiasa. Inilah cara menggunakan Google Drive secara keseluruhan bagi Anda yang tidak terbiasa menggunakan salah satu layanan penyimpanan cloud terbaik.

Cara membuat dan mengedit file

Pada tahap ini, Anda akan membuat dan mengedit file yang akan disimpan ke Google Drive. File yang Anda buat bisa berupa dokumen seperti Word, Excel, dan lainnya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik tombol CREATE
    Anda harus memilih jenis file yang ingin Anda buat. Misalnya, Anda dapat memilih Dokumen jika Anda ingin membuat file dengan format seperti Word, Spreadsheets jika Anda ingin membuat file seperti Excel dan Presentation untuk membuat file yang mirip dengan Power Point. Karena itu, Anda harus terlebih dahulu memilih jenis file yang ingin Anda buat di Drive, kemudian Drive akan menyiapkan halaman kosong yang cocok dengan jenis file Anda.
  • Sesuaikan tampilan file baru
    Setelah memilih jenis atau format file, sesuaikan penampilannya. Misalnya, ketika Anda memilih file jenis Presentasi atau Formulir, Anda dapat menyesuaikan tampilan sesuai keinginan Anda.
  • Ganti nama file
    Ganti nama file untuk membedakan satu file dari yang lain. Untuk melakukan ini, klik pada teks abu-abu dengan tulisan “Tanpa judul ” di bagian atas halaman. Maka jendela untuk mengganti nama akan ditampilkan, Anda hanya perlu mengisi nama file yang Anda inginkan.
  • Edit file Anda
    Mulai mengedit file dengan mengisi atau menulis halaman kosong dengan apa pun yang Anda inginkan. Anda juga dapat menyalin dan menempelkan dokumen secara langsung ke halaman kosong di Drive Anda. Jangan khawatir kehilangan file Anda jika perangkat Anda tiba-tiba mati suatu hari, karena Drive segera menyimpan setiap perubahan yang Anda buat.
  • Unduh file Anda
    Jika file telah dibuat, Anda dapat dengan mudah mengunduhnya melalui Drive. Cukup klik File> Unduh Sebagai, Drive akan menampilkan berbagai jenis format yang dapat Anda pilih untuk menyimpan file ke perangkat Anda.
    Pilih format yang paling sesuai dengan jenis file Anda. Misalnya, jika file Anda dalam format Dokumen, unduh dalam format Microsoft Word. Dengan begitu, Anda dapat membuka dan mengeditnya nanti menggunakan aplikasi Microsoft Word.
  • Bagikan file dengan orang lain
    File yang telah dibuat juga dapat dibagikan dengan orang lain dengan mengklik File> Bagikan. Dengan hanya satu langkah, jendela Pengaturan Berbagi terbuka dan Anda dapat memilih dengan siapa file itu dibagikan.
    Selain itu, Anda juga dapat mengontrol akses ke orang yang menerima pertukaran file. Jangan berhenti di situ, pengguna Drive juga memiliki hak untuk berbagi file di Gmail, Google+, Facebook, atau Twitter.
  • Publikasikan file di web
    Jika Anda ingin mempublikasikan file ke publik, klik File> Publikasikan ke Web. Setiap orang dapat melihat file yang Anda kirim, tetapi tidak dapat mengeditnya. Anda harus tahu bahwa file yang diterbitkan tidak dapat diedit kembali.
  • Cetak file
    Jika Anda ingin menyimpannya di atas kertas, Anda dapat mencetaknya langsung melalui printer. Klik File dan cari opsi Print yang terletak di bagian bawah. Anda dapat memilih halaman tertentu yang ingin Anda cetak di atas kertas.
    Cara mengunduh dan mengunggah file
    Apakah Anda memiliki dokumen yang sudah tersimpan di perangkat dan ingin mengunggahnya ke Google Drive? Anda tidak perlu menggunakan salin dan tempel. Karena dokumen yang ada di hard drive perangkat dapat diunggah langsung ke akun Google Drive Anda. Berikut cara mengunggah file ke Google Drive:
  • Pertama, unduh Google Drive Sync terlebih dahulu ke perangkat Anda. Fungsi aplikasi ini adalah untuk menyinkronkan perangkat dengan Google Drive.
  • Setelah menyelesaikan pemasangan Google Drive Sync pada perangkat, perangkat Anda akan membuka aplikasi ini. Dengan kata lain, aplikasi ini akan membantu Anda mengakses Google Drive lebih cepat dan lebih mudah.
  • Seret dan taruh file dari perangkat Anda ke Google Drive Sync, lalu file tersebut akan secara otomatis diunggah ke akun Google Drive Anda.
  • Sesuaikan pengaturan pengisian daya dengan mengklik ikon pengaturan di halaman beranda Google Drive. Pilih menu Pengaturan Unggah, lalu konfigurasikan agar Google Drive Anda dapat langsung mengonversi file yang diunggah ke format Drive yang ada. Misalnya, file di Microsoft Excel akan dikonversi ke spreadsheet eet.
  • Kemudian ketika Anda ingin mengunggah file dari Google Drive (bukan dari aplikasi), Anda hanya perlu melakukan cKlik tombol Unggah dengan ikon panah atas dan cari file yang ingin Anda unggah.
    Sementara itu, jika Anda ingin mengunduh file buatan sendiri atau file yang dibagikan orang lain, cukup buka file dan klik File> Unduh Sebagai. Hanya dalam sekejap, file yang Anda pilih akan disimpan ke perangkat Anda.
  • Bisakah Google Drive hanya menyimpan file seperti dokumen, lembar, dan presentasi? Tidak. Disk ini mampu menyimpan gambar, musik dan video. Google menyediakan 15 GB penyimpanan di setiap akun Google Drive. Untuk menghemat penyimpanan, Anda dapat menghapus file yang tidak digunakan.
  • Cara menggunakan Google Drive tidak serumit yang Anda pikirkan. Jika Anda terbiasa, Anda akan merasa bahwa Drive akan sangat membantu Anda dalam hal penyimpanan file, akses file online, dan berbagi file dengan orang lain.

Author: Nirvana Harapan

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *